Abstract:
ABSTRAK
Reska Meiliyanti, D1C114096, 2021 “Strategi Komunikasi dalam Pengimplementasian CSR PT.Riung Mitra Lestari terhadap Masyarakat Tapin”, Dibawah Bimbingan Siswanto Rawali dan Muhammad Muthahhari R
Latar belakang penelitian ini adalah implementasi yang dilaksanakan oleh pihak PT.Riung Mitra Lestari kurang mencapai sasaran yang diinginkan dan membuat mereka kurang mampu memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Komunikasi PT Riung Mitra Lestari Tapin dalam Program Corporate Social Responsibility. Untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi CSR yang dilakukan oleh PT Riung Mitra Lestari terhadap Masyarakat Tapin.
Metode penelitiana ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan penelitian adalah pimpinan perusahan, humas, dan masyarakat. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif deduktif, dengan cara Reduksi Data, Penyajian Data dan Menarik kesimpulan.
Hasil penelitian bahwa dari strategi Komunikasi PT. Riung Mitra Lestari Tapin dalam Program Corporate Social Responsibility yang meliputi mengenal khalayak, menyusun pesan dan menetapkan metode yang dilakukan dalam meingimplentasikan CSR yang dilakukan oleh PT. Riung Mitra Lestari kepada masyarakat dengan cara mengumpulkan kepala desa dan kemudian memberikan arahan serta laporan kekurangan pada desa mereka serta cara yang dilakukan agar CSR ini dapat dilaksanakan dengan baik sehingga dapat mencapai sasaran yang diharapkan. Hasil implementasi bahwa Evaluasi dalam pelaksanaan CSR yang dilakukan oleh PT. Riung Mitra Lestari terhadap masyarakat Tapin, selama ini yang masih kurang adalah karena kurangnya personel dalam melaksanakan tugas terutama dalam hal datang langsung ke lapangan untuk mensurvey daerah yang terkena dampak dari perusahaan terutama dalam hal pada lingkungan karena kebanyakan dari masyarakat adalah petani sawah dan kebun.
Kata kunci: Strategi, Komunikasi, Mengimplementasikan, CSR