Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya peranan dukungan sosial terhadap penerimaan diri pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Penelitian dilakukan dengan penelitian kuantitatif, dengan jumlah responden sebanyak 100 ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus yang berdomisili di Kalimantan selatan. Dalam penelitian ini terdapat dua intrumen penelitian yaitu variabel dukungan sosial dan variabel penerimaan diri. Berdasarkan hasil regresi linear sederhana didapatkan peranan dukungan sosial terhadap penerimaan diri pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus melalui nilai R square yang mendapatkan hasil R2 = 0,242 dengan p = 0,000 (p < 0,05) yang mana artinya peranan dukungan sosial terhadap penerimaan diri sebesar 24,2?lam penelitian ini. Kemudian nilai koefisien bernilai positif yaitu 18,201 dapat disimpulkan bahwa terdapat peranan dukungan sosial yang positif terhadap penerimaan diri pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus.