Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan agreeableness dengan kecanduan game online pada generasi Z di Banjarbaru. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan agreeableness dengan kecanduan game online pada generasi Z di Banjarbaru. Populasi pada penelitian ini yaitu generasi Z di Banjarbaru. Adapun jenis sampling pada penelitian ini purposive sampling dimana sampel penelitian diambil berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan oleh peneliti. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment pearson, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan link google form yang terdiri dari angket agreeableness dan angket kecanduan game online. Terdapat hubungan negatif antara agreeableness dengan kecanduan game online pada generasi Z di Banjarbaru. Semakin tinggi agreeableness maka semakin rendah kecanduan game online. Begitupun sebaliknya, semakin rendah agreeableness maka semakin tinggi kecanduan game online. Selain itu, sumbangan efektif yang berarti diberikan variabel agreeableness adalah 9,6% artinya peran agreeableness pada kecanduan game online tidak terlalu besar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa generasi Z seharusnya melaksanakan tugas perkembangannya secara normal di lingkungannya dengan baik, yang dimana hal ini sering diabaikan oleh generasi Z yang kecanduan game online yang dapat membuat aktivitas sehari-hari lainnya terganggu serta membayahakan kehidupan mereka.
Kata kunci :Agreeableness, kecanduan game online, generasi Z