Abstract:
Banyaknya beban tugas dan kegiatan monoton yang dilakukan oleh mahasiwa akibat dari pembelajaran daring menyebabkan terjadinya kejenuhan akademik. Ketangguhan akademik adalah salah satu karakteristik kepribadian yang dapat mencegah munculnya kejenuhan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara ketangguhan akademik dengan kejenuhan akademik pada mahasiwa prodi psikologi fakultas kedokteran Universitas Lambung Mangkurat selama pembelajaran daring. Jenis sampling pada penelitian ini adalah simple random sampling, dengan 261 mahasiwa sebagai subjek. Pengumpulan data menggunakan skala ketangguhan akademik dari Benishek dkk. (2005) dan skala kejenuhan akademik dari Schaufeli, et. al. (2002). Analisis data dilakukan dengan metode korelasi product moment pearson. Hasil analisis menunjukkan (r = -0,581), ada hubungan yang negatif antara ketangguhan akademik dengan kejenuhan akademik pada mahasaiswa prodi psikologi fakultas kedokteran Universitas Lambung Mangkurat selama pembelajaran daring, semakin tinggi skor ketangguhan akademik mahasiswa maka semakin rendah kejenuhan akademik mahasiswa. Dan semakin tinggi kejenuhan akademik mahasiwa maka semakin semakin rendah ketangguhan akademik pada mahasiswa. Nilai korelasi (r =-0,581) menunjukkan bahwa kedua variabel berada pada kategori sedang. Nilai r^2 ?(-0,581?^2) = (0,337), sumbangan efektif pada variabel ketangguhan akademik terhadap kejenuhan akademik sebesar 34% sedangkan 66% disebabkan dari faktor lain yang tidak ada pada penelitian ini.
Kata kunci : Ketangguhan akademik, kejenuhan akademik, pembelajaran daring