Abstract:
Pembelian impulsif merupakan perilaku konsumen yang membeli produk tanpa rencana didorong emosi positif untuk mendukung penampilan guna memenuhi keinginan untuk menyayingi teman sebayanya keinginan untuk menyayingi oranglain sejalan dengan salah satu tipe kepribadian neurotik tipe kepribadian neurotik tipe aggressive atau melawan oranglain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian neurotik dengan pembelian impulsif pada siswi. Pada penelitian ini sebanyak 65 partisipan yang berada SMA Frater Don Bosco. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah motode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Adapun teknik analisis data menggunakan korelasi product moment pearson dari Karl Pearson. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang positif antara kepribadian neurotik dengan pembelian impulsif pada siswi di SMA Frater Don Bosco Banjarmasin. Semakin tinggi kepribadian neurotik yang dimiliki siswi maka semakin tinggi juga pembelian impulsif. Begitupun sebaliknya semakin rendah kepribadian neurotik maka semakin rendah pembelian impulsif. Koefisien determinasi menunjukkan hubungan kepribadian neurotik dengan pembelian impulsif sebesar 0,15% sedangkan 99,85% yang merupakan sumbangan dari faktor lain.