Abstract:
Abstrak
Penelitian ini berdasarkan data yang ada di lapangan, beberapa peserta didik SMPN 31 Banjarmasin mengalami kesulitan dalam merangkai kata-kata dan menyusun sebuah karya tulis, khususnya teks prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar peserta didik untuk menulis teks prosedur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, berupa penggunaan media visual gambar dalam menulis teks prosedur, bagi peserta didik. Prosedur penelitian ini adalah tes awal (pre test) dan tes akhir (post test) pada kelompok eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berbentuk tes tertulis, angket, observasi, dan dokumentasi. Sementara itu, metode analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, media gambar dinyatakan memiliki pengaruh dengan persentase nilai thitung yaitu 13,43 dan ttabel 2,179. Dengan demikian, penggunaan media gambar dalam menulis teks prosedur memberikan hasil signifikan.
Kata kunci: media visual, kemampuan menulis, teks prosedur