Abstract:
Penyebaran virus Covid-19 sebagai pandemi global memberikan dampak pada pendidikan. Pembelajaran daring yang menjadi solusi saat pandemi juga mengalami kendala di antaranya kurangnya interaksi antar guru dengan peserta didik yang mengakibatkan pembelajaran berjalan monoton. Konsep protista merupakan materi yang kompleks, sehingga membutuhkan bahan ajar yang bervariasi untuk mengatasi permasalahan guru dan peserta didik. Modul elektronik merupakan bahan ajar elektronik yang disusun secara sistematis, meliputi kompetensi yang akan dikuasai peserta didik dan dilengkapi dengan tampilan yang menarik. Flip HTML5 merupakan aplikasi atau website yang dapat digunakan untuk mengonversi file PDF ke bentuk flipbook yang membuat bahan ajar menjadi interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan keterbacaan pada modul elektronik berbasis berbasis Flip HTML5 pada konsep protista kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development menggunakan model 4-D yang dibatasi sampai tahap Develop. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang ahli dan 9 peserta didik kelas X SMAN 7 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul elektronik berbasis Flip HTML5 pada konsep protista kelas X SMA memperoleh nilai validitas 88,54?n uji keterbacaan peserta didik 86,2% sehingga terkategori sangat valid dan sangat baik.