Abstract:
Berdasarkan Indonesia National Assesment Program (INAP), kemampuan matematika siswa Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa adalah menciptakan pembelajaran yang tepat dengan menggunakan e-modul yang menarik. E-modul yang menarik salah satunya adalah modul berbasis etnomatematika. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui proses pengembangan e-modul sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) berbasis etnomatematika untuk pembelajaran matematika tingkat SMP/MTS kelas VIII yang dikembangkan (2) mengetahui tingkat kevalidan e-modul SPLDV berbasis etnomatematika untuk pembelajaran matematika tingkat SMP kelas VIII yang dikembangkan dan (3) mengetahui tingkat keefektifan e-modul SPLDV berbasis etnomatematika untuk pembelajaran matematika tingkat SMP/MTS kelas VIII yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) berdasarkan model dari Plomp. Fase yang dilakukan yaitu fase investigasi awal (prelimenary investigation), fase desain (design), fase realisasi/konstruksi (realization/construction), serta fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, validasi, angket siswa, serta tes. Uji coba dilakukan kepada 6 siswa dengan 2 kemampuan rendah, 2 sedang, dan 2 tinggi. Berdasarkan angket yang diisi validator, dapat disimpulkan e-modul valid karena diperoleh skor rata-rata yaitu 3,67. Berdasarkan uji coba kelompok kecil, e-modul dikatakan efektif, karena siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan KKM mencapai 80%, serta respon siswa terhadap e-modul adalah baik dengan skor rata-rata 79,60%. Berdasarkan hal yang telah diuraikan, maka dengan demikian kriteria kevalidan dan keefektifan e-modul SPLDV berbasis etnomatematika ini dapat dikatakan tercapai.