Abstract:
Kemajuan teknologi memicu munculnya kombinasi oleh teknologi cetak terhadap teknologi komputer pada aktivitas belajar, seperti salah satunya yakni modul. Dalam mata pelajaran bahasa korea melalui e-modul disajikan berbagai fitur multimedia (gambar, animasi, audio dan video) serta fitur tes atauppun penilaian yang aktif yang bisa membuat siswa lebih bebas untuk melakukan interaksi pada media belajar mereka. Penelitian ini betujuan dalam menemukan produk dalam bentuk e-modul serta menemukan tentang selayak apakah e-modul bagi bidang pelajaran bahasa korea kelas x SMK Negeri 2 Banjarmasin. Studi ini adalah studi berupa R&D melalui penerapan modifikasi teknik pengembangan Borg and Gall. Sementara itu beberapa tahapan studi ini antara lain; Penelitian, Perencanaan, Pengembangan, dan Uji Ahli, Revisi, dan Hasil produk. Pengembangan dilakukan melalui pemanfaatan software FLIP PDF Profesional serta membuat produk e-modul dengan format html. Hasil penelitian ini memperlihatkan, media mengajar berbasis e-modul bagi mata pelajaran bahasa korea sangat layak digunakan dengan rata-rata persentase oleh ahli media sebesar 83,88% serta ahli materi 89,99%. Pengembangan e-modul ini sebagai rekomendasi untuk sekolah agar bisa menggunakan bahan ajar berbasis e-modul pada kegiatan belajar mengajar kelas secara indoor ataupun outdoor.
Kata kunci : Pengembangan, E-Modul, Bahasa Korea