Abstract:
Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), guru dan peserta didik jarang melaksanakan praktikum di laboratorium dalam pembelajaran biologi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk mendeskripsikan pengembangan, validitas, dan keterbacaan virtual lab biologi berbasis pendekatan saintifik siswa kelas XI SMA Negeri 7 Banjarmasin pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Jenis penelitian ini mengacu pada model Research and Development (R&D) dari Borg & Gall (1983) yang dimodifikasi sampai dengan tahap Revisi Produk Utama (Main Product Revision). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi ahli dan angket keterbacaan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengembangan virtual lab biologi berbasis pendekatan saintifik dimulai dari penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, pelaksanaan uji coba lapangan awal, dan revisi produk utama (2) virtual lab biologi berbasis pendekatan saintifik memperoleh nilai validitas sebesar 3,66 dengan kategori sangat valid, (3) keterbacaan virtual lab biologi berbasis pendekatan saintifik memperoleh nilai uji keterbacaan sebesar 3,79 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, virtual lab biologi berbasis pendekatan saintifik siswa kelas XI SMA Negeri 7 Banjarmasin pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan adalah sangat valid digunakan dalam PJJ sebagai media pembelajaran mandiri maupun terbimbing.