Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan dari media pembelajaran interaktif IPA berbasis articulate storyline. Metode yang digunakan yaitu Penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Plomp-Tessmer. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket respon kepraktisan peserta didik, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran interaktif IPA berbasis Articulate Storyline mendapatkan skor validitas materi sebesar 79?ngan kriteria valid adapun validitas ahli media mendapatkan skor sebesar 79?ngan kriteria valid. Media pembelajaran telah diuji cobakan pada uji one-to-one mendapatkan skor rata-rata sebesar 81?ngan kriteria praktis, pada uji small group mendapatkan skor rata-rata persentase 82% serta pada field test mendapatkan skor rata-rata sebesar 83?ngan kriteria sangat praktis. Peserta didik yang telah melaksanakan uji coba kemudian melaksanakan tes hasil belajar yang didapatkan skor rata-rata pada uji small group sebesar 76 dan pada uji field test dengan skor 78 dengan kriteria efektif yang berarti diatas dari KBM (Ketuntasan Belajar Minimum) sekolah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif IPA berbasis articulate storyline pada materi sistem tata surya SMP secara keseluruhan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Peneliti meyakini bahwa media pembelajaran yang dikembangkan ini dapat jadi solusi alternatif dalam pengembangan media pembelajaran interaktif dan menjadi bahan rujukan guru dalam membuat media pembelajaran interaktif yang memudahkan peserta didik khususnya materi sistem tata surya.
Kata Kunci : media pembelajaran interaktif, sistem tata surya, articulate storyline