Abstract:
Tingkat literasi matematika siswa Indonesia dinilai masih rendah berdasarkan hasil PISA dari tahun 2000 – 2018. Salah satu faktor penyebabnya adalah siswa belum terbiasa menyelesaikan soal matematika yang memuat literasi sesuai dengan kehidupan nyata. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa usia 15 tahun masih banyak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika model PISA level 4. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan soal matematika model PISA level 4 menggunakan konteks lahan basah yang valid dan praktis. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan model Tessmer tipe formative research dengan 2 tahapan yaitu tahap preliminary, dan tahap formative evaluation (prototyping) yang meliputi expert reviews, one-to-one, small group dan field test, namun penelitian hanya sampai pada small group. Kevalidan produk yang dikembangkan dinilai dari hasil validitas oleh 3 validator ahli. Kepraktisan produk dilihat dari hasil lembar angket siswa setelah mengerjakan soal pada tahap small group. Penelitian ini menghasilkan 10 soal matematika model PISA level 4 menggunakan konteks lahan basah dengan kriteria valid dan praktis.