Abstract:
ABSTRAK
Penelitian bertujuan (1) menggali persepsi siswa terhadap pengetahuan hak sebagai warga negara (2) menganalisis persepsi siswa terhadap aksi atau demonstrasi tentang RUU cipta kerja atau omnibuslaw yang dilakukan kalangan siswa (3) Bagaimana upaya untuk meningkatkan pengetahuan, dan penerapan hak siswa sebagai warga negara Indonesia SMAN 4 Banjarmasin.
Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif data diperoleh sampel populasi penelitian dianalisis dengan metode statistik digunakan di interpretasikan. Data diperoleh dengan teknik angket dan wawancara. Dalam penelitian akan dijadikan populasi adalah seluruh Siswa Kelas X dan XI SMAN 4 Banjarmasin terdiri 15 Kelas jumlah siswa 549. Yang dijadikan sampel penelitian berjumlah 85 orang responden Siswa/I SMAN 4 Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian teknik simple random sampling dilakukan secara acak menjadi sample.
Hasil penelitian Persepsi siswa SMAN 4 Banjarmasin terhadap pengetahuan hak sebagai warga negara 50,07% + 43.60% = 93.67%. Disimpulkan “Persepsi siswa SMAN 4 Banjarmasin terhadap pengetahuan hak sebagai warga negara” berada “ Sangat Baik”. Berdasarkan penulis tetapkan. 2). Persepsi siswa terhadap aksi atau demonstrasi tentang Rancangan Undang Undang Cipta Kerja atau Omnibuslaw yang dilakukan oleh kalangan siswa 23,28% + 47,78% = 71,06%. Persepsi siswa terhadap aksi atau demonstrasi tentang RUU Cipta Kerja atau Omnibuslaw yang di lakukan oleh kalangan siswa berada pada tingkat “Baik”. 3). Sedangkan Hipotesis penelitian penulis simpulkan di Terima. Upaya Guru, Orangtua dan Siswa dalam meningkatkan pengetahuan, penerapan hak siswa sebagai warga negara di Lingkungan Sekolah semua sarana belajar siswa melaksanakan pembelajaran dan mengasah keterampilan dimiliki siswa, orang tua dan guru memfasilitassi.
Kata Kunci: Hak Sebagai Warga Negara, Demonstrasi, Omnibuslaw RUU Cipta Kerja