Abstract:
Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaan Teknologi dan informasi yang juga mengalami perubahan dalam sistem pembelajaran. Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan merupakan salah satu usaha penyesuain Teknologi dan Informasi dalam proses pembelajaran dan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta mengatasi kesulitan belajar mengenai materi Virus. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi virus menggunakan metode tutorial yang bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengembangkan media pembelajaran berbasis web pada materi Virus dengan metode tutorial. (2) kelayakan media pembelajaran berbasis web pada materi Virus dengan metode tutorial. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek ujicoba merupakan 15 orang siswa kelas IX di SMP Negeri 28 Hulu Sungai Tengah. Media pembelajaran ini dikembangkan menggunakan HTML, CSS, JavaScript, Firebase Realtime Database, dan Canva. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil Kelayakan menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran valid berdasarkan penilaian ahli materi dan media dengan kategori tinggi, (2) media pembelajaran praktis dilihat dari respon guru dan siswa dengan kategori positif, (3) media pembelajaran efektif dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan karena telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Kata kunci: Media Pembelajaran interaktif, Web, Virus , Metode Tutorial.