Abstract:
ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan bahan ajar berupa modul IPA terpadu berbasis literasi sains pada materi kemagnetan kelas IX SMP dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan modul IPA terpadu berbasis literasi sains pada materi kemagnetan kelas IX SMP dari hasil penilaian validator. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop yaitu validasi modul oleh para ahli. Instrumen pada penelitian ini berupa lembar validasi modul berbasis literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul IPA yang dikembangkan dengan masing- masing aspek penilaian memperoleh skor: (1) 4,00 untuk aspek format modul dengan kriteria sangat valid, (2) 3,79 untuk aspek bahasa dengan kriteria sangat valid, (3) 3,92 untuk aspek isi modul dengan kriteria sangat valid, dan (4) 3,78 untuk aspek penyajian modul. Berdasarkan rata-rata hasil validasi tersebut, modul IPA berbasis literasi sains pada materi kemagnetan kelas IX SMP yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid dan layak untuk digunakan.
Kata Kunci: modul IPA, literasi sains, inkuiri terbimbing.