Abstract:
Salah satu pemanfaatan teknologi dalam pendidikan adalah pemanfaatan komputer dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Kemampuan komputer untuk menyajikan materi pembelajaran lebih baik daripada penyajian materi pelajaran dalam buku. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi energi dan daya listrik dengan metode tutorial untuk siswa SMP kelas IX. (2) Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi energi dan daya listrik dengan metode tutorial untuk siswa SMP kelas IX. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode Research and Development dengan prosedur pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahap pengembangan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Uji coba dilakukan di SMP Negeri 33 Banjarmasin, dengan 29 orang peserta didik kelas IX. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner dan tes. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Teknologi yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi energi dan daya listrik dengan metode tutorial ini ialah HTML, CSS, Javascript, JSON, dan Firebase. (2) media pembelajaran dinyatakan valid dengan kategori sangat tinggi ditinjau dari penilaian validitas materi dan kategori tinggi untuk validitas media, kepraktisan ditinjau dari angket respon peserta didik dan guru terhadap media pembelajaran dinyatakan praktis, keefektifan ditinjau dari data hasil belajar peserta didik yang memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 80%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi energi dan daya listrik kelas IX dengan metode tutorial layak untuk digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan keefektifan.