Abstract:
Pelajaran matematika sering ditemui dalam keseharian masyarakat ataupun di tingkat sekolah. Namun, kebanyakan siswa merasa sulit dan kurang tertarik untuk mempelajarinya. Penyebabnya adalah minat siswa yang kurang dalam aktivitas belajar akibat faktor internal siswa, metode pembelajaran yang kurang bervariasi, dan materi yang digunakan kurang menarik. Alternatif pemecahan masalah tersebut adalah dengan mengembangan LKPD dalam bentuk elektronik berbasis etnomatematika kerajinan anyaman melalui pendekatan saintifik. Adapun pengembangan produk E-LKPD ini sampai menghasilkan produk yang valid menjadi tujuan dari penelitian ini. Penggunaan metode dan model pada pengembangan ini adalah Research and Development dan juga model 4D sampai pada tahap pengembangan saja. Penelitian ini, tahap pengembangan hanya uji validasi oleh para ahli di bidang matematika yang melibatkan dua orang dosen dan satu orang guru. Adapun uji validasi E-LKPD yang dikembangkan menghasilkan nilai rata-rata untuk semua aspek penilaian mencapai nilai 3,51 dengan kriteria valid.
Kata Kunci: E-LKPD; Lingkaran; Etnomatematika; Pendekatan Saintifik