Abstract:
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk melihat dampak motivasi berprestasi serta pembelajaran daring pada kemandirian belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Banjarmasin secara masing-masing maupun secara bersamaan. Jenis Penelitiannya ialah kuantitatif. Populasi dari penelitiannya ialah peserta didik SMA Negeri 9 Banjarmasin yang mempelajari pelajaran ekonomi dan melaksanakan belajar mengajar secara daring, sampelnya yaitu 127 siswa. Pengumpulan datanya menggunakan google form dalam bentuk kuesioner. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan uji T dan uji F serta Uji koefisien determinasi. Jadi hasil pengujian hipotesis motivasi berprestasi dapat mempengaruhi kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 9 Banjarmasin dengan nilai r2 sebesar 39,43% , Pembelajaran daring dapat mempengaruhi kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 9 Banjarmasin dengan nilai r2 sebesar 3,88%, motivasi berprestasi dan pembelajaran daring secara bersamaan memiliki pengaruh terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Banjarmasin 47,2%.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Motivasi Berprestasi, Pembelajaran Daring