Abstract:
Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa matematika masih menjadi masalah bagi siswa. Pandangan materi matematika yang rumit membuat siswa sulit untuk memahami dan mempelajarinya, sehingga perlu dikembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan masalah kontekstual yang menggunakan kearifan lokal dalam konteks lahan basah. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika konteks lahan basah untuk siswa SMA dan (2) menentukan kriteria validitas perangkat pembelajaran matematika konteks lahan basah yang dikembangkan untuk siswa SMA. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah E-Modul dengan sistem persamaan linier dua variabel untuk siswa SMA kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian dengan model pengembangan 4-D. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika konteks lahan basah berbasis fliphtml5 dan menguji validitasnya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi. Hasil uji validitas berdasarkan lembar validasi yang diisi validator diperoleh rata-rata sebesar 79,92?ngan kriteria cukup valid. Bersumber pada hasil validitas yang diperoleh bisa disimpulkan bahwa E-Modul konteks lahan basah berbasis fliphtml5 untuk siswa SMA memenuhi kriteria validitas.