Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis pengaruh ekuitas merek (kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian Netflix di Kota Banjarmasin; (2) Menganalisis pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan pembelian Netflix di Kota Banjarmasin; (3) Menganalisis asosiasi merek terhadap keputusan pembelian Netflix di Kota Banjarmasin; (4) Menganalisis pengaruh persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian Netflix di Kota Banjarmasin; (5) Menganalisis pengaruh loyalitas merek terhadap keputusan pembelian Netflix di Kota Banjarmasin; (6) Menganalisis variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian Netflix di Kota Banjarmasin.
Jenis penelitian ini tergolong sebagai penelitian kuantitatif asosiatif yang bersifat asosiatif-kausal. Dalam penelitian ini telah disurvei sebanyak 140 responden, dimana responden berdomisili di Banjarmasin. Dengan memilih teknik sampling non-probability dan pendekatan sampling purposive, data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS versi 25.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa elemen ekuitas merek yang terdiri dari persepsi kualitas dan loyalitas merek memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Netflix di Kota Banjarmasin. Elemen ekuitas merek lainnya yang terdiri dari kesadaran merek dan asosiasi merek tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Netflix di Kota Banjarmasin.