Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh kreativitas dan inovasi terhadap minat wirausaha Mahasiswa S1 Manajemen Angkatan 2015 FEB ULM. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa S1 FEB Manajemen Angkatan 2015 ULM yang mengambil mata kuliah kewirausahaan dengan sampel sebanyak 53 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh kreativitas dan inovasi terhadap minat wirausaha. Oleh karena itu, semakin besar kreativitas semakin besar pula minat wirausaha. Begitu pula dengan Inovasi. Semakin besar inovasi maka semakin besar pula minatnya dalam berwirausaha. Implikasi dalam penelitian ini mencakup dua hal antara lain implikasi teoritis dan praktis. Jika pengembangan kreativitas dan inovasi ini dapat didukung dan ditingkatkan, mulai dari fasilitas, pembentukan karakter memalui kegiatan belajar mengajar, kompetisi yang sehat, dan lainnya maka akan dapat meningkatkan minat dalam berwirausaha.