Abstract:
Nabila Shofaa. 1810414320016. 2022. Kampanye Public Relations
#KRLBankKalsel Dalam Meningkatkan Kesadaran Lingkungan (Studi Pada
Program #KRLBankKalsel Terhadap Karyawan dan Nasabah Cabang
Martapura). Dibawah bimbingan Muhammad Muthahari R., S.I.Kom., M.I.Kom.
#KRLBankKalsel merupakan program CSR berbentuk kampanye yang
diselenggarakan oleh Bank Kalsel dalam rangka mendukung pelestarian lingkungan dan
tindaklanjut atas Rencana Aksi Keuangan (RAKB) serta memproklamasikan diri
sebagai Green Banking. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan
teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta
menggunakan teknik analisis data model interaktif. Teori yang digunakan yaitu
Coporate Campaign Theori dan The Four-Step Public Relations Process Theoris.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses kampanye PR, faktor pendukung,
dan faktor penghambat pelaksanaan #KRLBankKalsel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan #KRLBankKalsel, Bank
Kalsel Cabang Martapura telah berhasil menjalankan kampanye untuk memanajemen
isu lingkungan di Kalimantan Selatan sekaligus promosi produk layanannya berupa
tabungan, deposita/giro, dan mendapatkan gelar sebagai Green Banking.
#KRLBankKalsel diluncurkan karena Bank Kalsel ingin meningkatkan kesadaran
lingkungan masyarakat Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Banjar agar dapat
membantu pemerintah daerah mengatasi masalah banjir.
Kata kunci : Kampanye Public Relations, Kesadaran Lingkungan, Program
#KRLBankKalsel, Bank Kalsel Martapura