Abstract:
Julia Fitriani 1810413220007 Efektivitas Mal Pelayanan Publik Barokah dalam Pembuatan e-KTP di Kabupaten Banjar Dibimbing oleh Arif Rahman Hakim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas Mal Pelayanan Publik Barokah di Kabupaten Banjar dalam pembuatan e-KTP dan apa saja faktor penghambatnya.
Tipe penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Penentuan informan menggunakan non probability sampling dengan tekning purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini digunakan alur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian Mal Pelayanan Publik Barokah di Kabupaten Banjar dalam pembuatan e-KTP sudah efektif dengan memenuhi keempat indikator efektivitas dari Subagyo. Mal Pelayanan Publik Barokah sudah melakukan sosialisasi program dengan baik melalui beberapa cara, sasaran program pembuatan e-KTP sudah tepat sasaran, pemantauan program sudah dilakukan baik secara internal maupun eksternal, dan tujuan program pembuatan e-KTP sudah tercapai. Walaupun dalam praktiknya masih mempunyai banyak faktor penghambat baik secara internal maupun eksternal, terutama pada efektivitas waktu pelayanan.
Penulis menyarankan kepada Mal Pelayanan Publik Barokah untuk meningkatkan efektivitas pelayanan, dengan cara meningkatkan sosialisasi di sosial media dan dari mulut ke mulut. Saran untuk masyarakat adalah meningkatkan kesadaran akan pentingnya memiliki dokumen kependudukan dan pentingnya mengawasi pelayanan e-KTP di Mal Pelayanan Publik Barokah Kabupaten Banjar.
Kata Kunci : Efektivitas, Mal Pelayanan Publik, e-KTP.