Abstract:
Lia Yulismawati, D1C115215, 2021. STRATEGI KOMUNIKASI PADA AKUN INSTAGRAM @cakbudi_official DALAM MELAKUKAN GERAKAN SOSIAL UNTUK MENARIK PARTISIPASI KHALAYAK DI MEDIA SOSIAL. Dibimbing Oleh Dr.H.Bachruddin Ali Akhmad, M.Si. Achmad Bayu Chandrabuwono, S.I.Kom, M.A.
Gerakan Sosial pada saat ini sudah bisa dilakukan melalui media sosial. Gerakan ini untuk mencari kegiatan yang baik dan membantu orang-orang yang membutuhkan, salah satu nya adalah gerakan sosial kemanusiaan untuk membantu para Dhuafa Lansia dan orang-orang di sekitar yang membutuhkan. Gerakan sosial ini dilakukan oleh Cak Budi lewat akun instagram nya di @cakbudi_official. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pada Akun Instagram @cakbudi_official Dalam Mendapatkan Partisipasi Dengan Khalayak.
Pendekatan penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada Instagram @cakbudi_official dengan informan Bapak Budi Utomo, Ibu Lina sebagai informan kunci. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa Strategi komunikasi yang digunakan oleh akun Instagram @cakbudi_official adalah dengan cara menetapkan komunikator, yaitu Bapak Budi Utomo selaku pemilik akun Instagram tersebut. Kemudian ditetapkan target sasaran yaitu masyarakat umum khususnya followers Instagram. Setelah itu dilakukan penyusunan pesan, yaitu dengan cara membagikan pesan melalui foto, video serta caption yang diunggah pada akun Instagram. Kemudian dilakukan pemilihan media dan saluran komunikasi untuk menyampaikan pesan tersebut, yaitu melalui media sosial Instagram. Partisipasi khalayak tethadap Instagram @cabudi_official, setelah melihat postingan-postingan yang ada pada akun tersebut, khalayak ikut berpatisipasi dengan cara membagikan postingan-postingan kegiatan sosial yang ada pada akun tersebut, serta ada beberapa yang menjadi donator untuk kegiatan sosial pada akun @cakbudi_official.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Partisipasi Khalayak, Media Sosial, Instagram