Abstract:
Desiriani Dewi Ayuningtias, 1610414320009, 2021. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Lip Cream MakeOver (Studi Pada Konsumen Toko Princess Cosmetic Banjarmasin). Di bimbing oleh Noviana Sari dan Muhammad Muthahari.
Lip Cream MakeOver merupakan kosmetik yang di dirikan oleh PT Paragon Techology and Innovation yang telah membawa MakeOver sebagai merek terpercaya di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen lip cream MakeOver pada konsumen toko Princess Cosmetic Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif, sampel yang di tetapkan 270 responden dari 1.150 populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan taraf kepercayaan 95%. Penelitian ini menggunakan model komunikasi S-M-C-R dan teori S-O-R.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen lip cream MakeOver di toko Princess Cosmetic Banjarmasin, dimana dalam pengujian hipotesis diperoleh Fhitung (91,773) > Ftabel (3.03) dan n sebesar 270, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho3 ditolak dan Ha3 diterima. Hasil pengujian hipotesis secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara citra merek terhadap loyalitas konsumen dengan nilai t hitung yaitu 3,777 > Ttabel 1,968 dan secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap loyalitas konsumen dengan t hitung yaitu 4,718 > Ttabel 1,968.
Kata Kunci : Citra Merek, Kualitas Produk, dan Loyalitas Konsumen, Lip Cream MakeOver.