Abstract:
Muhammad Lukman Husaini, 1710412110012, 2022. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Ventela di Kota Banjarmasin. Dibawah bimbingan Muhammad Hasanur Arifin.
Perkembangan kebutuhan konsumen yang semakin kompleks dan persaingan pasar yang semakin tajam menyebabkan banyak hal yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatory. Responden dalam penelitian ini merupakan pembeli sekaligus pengguna sepatu Ventela di Kota Banjarmasin yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Sehingga diperoleh 120 responden pembeli sekaligus pengguna sepatu ventela yang dijadikan sampel penelitian. Jenis data yang digunakan yaitu bersumber dari data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Pemrosesan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 26 untuk perangkat lunak komputer Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel harga (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0> t tabel 1,980 dan besar pengaruh 33,3%, kualitas produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikan 0,000 < 0> t tabel 1,980 dan besar pengaruh 46,7%. Secara simultan variabel harga (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikan 0,000 < 0> F tabel 3,07 dan besar pengaruh 52,5%.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian