Abstract:
Selama pandemi Covid-19, kegiatan belajar mengajar mengalami perubahan yaitu penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang memanfaatkan pembelajaran online. Kegiatan belajar mengajar melibatkan teknologi dalam mengemas materi yang akan diajarkan kepada siswa, salah satunya adalah dengan modul digital. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pengaruh penggunaan modul digital berbasis CLDW pada konsep jamur pada keterampilan generik sains siswa, (2) mendeskripsikan pengaruh penggunaan modul digital berbasis CLDW pada konsep jamur pada kemandirian belajar siswa, dan (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan modul digital berbasis CLDW pada pembelajaran materi jamur. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi experimen dengan design The Non-equivalent Control Group Design untuk Kemandirian belajar dan keterampilan generik sains. Sampel penelitian peserta didik X MIPA 1 berjumlah 38 orang sebagai kelas eksperimen dan 38 orang peserta didik kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data keterampilan generik sains dengan uji N-Gain Score dan kemandirian belajar menggunakan Uji Wilcoxon Signed Ranks Tes. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh penerapan Modul digital CLDW terhadap keterampilan generik sains peserta didik (nilai N-gain Score 56,72% ), (2) terdapat pengaruh penerapan modul digital CLDW terhadap kemandirian belajar siswa (Sig.(2-tailed) 0,034), dan (3) respon siswa terhadap penggunaan modul digital berbasis CLDW pada pembelajaran materi jamur dalam kategori setuju (nilai angket 73,11%.). Saran untuk penelitian ini, partisipasi dan respon siswa pada pembelajaran daring kurang maksimal sehingga untuk menanggulanginya perlu dilakukan pembiasaan dan partisipasi aktif antara guru dan siswa.