Abstract:
ABSTRAK
Emil Chairani, D1C114268, 2021, Peran Komunikasi Horizontal Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin. Dibimbing oleh Sarwani dan Atika Rusli.
Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin merupakan salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di Kota Banjarmasin dan sebagai organisasi pemerintahan yang mengatur, mengelola dan melaksanakan kebijakan daerah dalam bidang penataan lingkungan serta pelayanan dan pengolahan kebersihan Kota Banjarmasin. Sebagai organisasi pemerintahan yang memiliki banyak anggota organisasi di dalamnya, komunikasi dan koordinasi yang baik antar internal organisasi sangat dibutuhkan agar terlaksananya tugas masing-masing bidang secara optimal. Dalam hal ini, komunikasi horizontal memiliki peranan yang penting karena pada dasarnya para pegawai yang berada di unit atau bidang yang sama dapat saling berbagi informasi dengan mudah mengenai rencana dan kegiatan unit kerja nya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peran komunikasi horizontal dalam meningkatkan kinerja pegawai pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Jalan RE Martadinata No.1 Blok D Lantai II, Kertak Baru Ilir, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan dengan cara mewawancarai informan penelitian sebanyak 6 orang karyawan dan staf di Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi Horizontal di Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin berjalan dengan baik dikarenakan budaya organisasi tinggi maka kinerja pegawai akan semakin tinggi. Selain itu dapat dimaknai ketika kinerja pegawai baik maka mereka akan melaksanakan pekerjaan dengan baik dan mereka tidak lagi merasa bosan dan merasa beban dalam bekerja. Hal ini disebabkan makin tinggi tingkat komunikasi sesama karyawan di lingkungan organisasi seorang pegawai maka kinerja mereka akan makin meningkat. Semakin baik motivasi orang akan dapat bekerja dengan baik dan memuncul kinerja yang baik dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. Faktor komunikasi organisasi dan disiplin kerja yang mendukung di Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin yang membuat kinerja pegawai akan naik sehingga mereka dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik. Pegawai akan merasa nyaman dan aman saat mereka melakukan pekerjaan yang diberikan. Hal ini disebabkan makin mendukung komunikasi seorang pegawai dengan pimpinan dan pegawai dengan pegawai serta kerjasama yang baik dalam segi internal maupun eksternal maka kinerja mereka akan makin baik dan menyelesaikan tugas akan lebih baik.
Kata kunci: Komunikasi Horizontal, Pegawai, Dinas Lingkungan Hidup, Kota Banjarmasin, Komunikasi Organisasi.