Abstract:
Menurut National Center for Education Statistics (Vebrian dkk, 2016) TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) ialah riset tingkatan dunia yang memperhitungkan kemampuan matematika serta IPA untuk siswa kelas IV SD serta VIII SMP. Matematika ialah ilmu yang telah mulai dibelajarkan semenjak kita berada di sekolah dasar tetapi, bersumber pada rerata untuk nilai prestasi matematika pada TIMSS, siswa Indonesia masih berada pada tingkatan yang rendah. Salah satu aspek pemicu rendahnya hasil riset TIMSS Indonesia yaitu masih kurangnya pengetahuan mengenai tes internasional dan masih sedikitnya bahan latihan bagi siswa dalam menghadapi tes internasional seperti TIMSS sehingga sebagai salah satu bentuk upaya memperkenalkan soal TIMSS serta sebagai bahan latihan untuk siswa khususnya di Kalimantan Selatan dilakukanlah penelitian pengembangan terhadap soal Model TIMSS level lanjut menggunakan konteks lahan basah. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu,untuk menghasilkan soal matematika model TIMSS level lanjut menggunakan konteks lahan basah yang valid dan praktis. Dalam penelitian ini metode yang digunakan ialah Research and Development dengan model pengembangan jenis Formative Research Tessmer. Kesimpulan yang diperoleh dari riset ini merupakan soal valid secara logis terpenuhi dari hasil evaluasi validator ialah 3,76. Soal yang dikembangkan juga praktis terbukti dari dipenuhinya kriteria kepraktisan yang nampak dari hasil respon siswa. Sehingga dihasilkan soal matematika model TIMSS tingkat lanjut memakai konteks lahan basah yang valid serta praktis.