Abstract:
Dunia pendidikan pada abad ke-21 dituntut untuk menghasilkan generasi yang terampil dalam menerapkan teknologi dan mampu berpikir kritis. LKPD-Elektronik yang memuat indikator keterampilan berpikir kritis merupakan inovasi perangkat pembelajaran dari LKPD yang semula berbentuk cetak. LKPD-Elektronik diharapkan dapat menjadi solusi ketika pembelajaran tidak dapat dilakukan tatap muka dikelas akibat pandemik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan LKPD-Elektronik Liveworksheets pada konsep Archaebacteria dan Eubacteria terhadap hasil belajar kognitif produk, kognitif proses dan keterampilan berpikir kritis peserta didik MAN 1 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dan deskriptif. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling, dimana peserta didik kelas X MIPA 1 sebagai kelas perlakuan , dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data hasil belajar dianalisis menggunakan analisis kovarian dengan Program SPSS 22. Sedangkan keterampilan berpikir kritis menggunakan uji deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh penggunaan LKPD-Elektronik Liveworksheets terhadap hasil belajar kognitif produk (sig. 0,000<0,05), (2) terdapat pengaruh penggunaan LKPD-Elektronik terhadap hasil belajar kognitif proses (sig. 0,000<0,05), (3) Penggunaan LKPD-Elektronik Liveworksheets pada konsep Archaebacteria dan Eubacteria meunjukan hasil dengan kategori baik pada aspek interpretasi, analisis, eksplanasi dan pengaturan diri, dan cukup baik pada aspek evaluasi dan inferensi.