Abstract:
Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya dukungan orang tua yang mempengaruhi hasil belajar anak termasuk anak tunagrahita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan hasil belajar berhitung pada anak tunagrahita di SDLB YPLB Banjarmasin Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi sebanyak 154 orang pada tahun 2019. Sampel pada penelitian ini sebanyak 65 orang tua menggunakan teknik accidental sampling pada bulan September 2019 di SDLB YPLB Banjarmasin. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis regresi dengan bantuan komputerisasi dan program SPSS Versi 18.Hasil analisa menunjukkan bahwa bahwa Fhitung = (146.902) > Ftabel (3.993) dan (Sig.=0,000<0,05), H0 ditolak dan Ha diterima, ini berarti bahwa ada hubungan dukungan keluarga dengan hasil belajar berhitung pada anak tunagrahita di SDLB YPLB Banjarmasin (Sig.=0,000<0,05).Nilai prob. ttabel dan (Sig.) dari variabel bebas dukungan keluarga sebesar ttabel (1,669) < thitung (12.120) atau nilai (Sig. 0.000<0,05), H0 ditolak Ha diterima, maka hasil analisa menunjukkan ada hubungan dukungan keluarga dengan hasil belajar berhitung pada anak tunagrahita di SDLB YPLB Banjarmasin.
Kata Kunci: Dukungan Keluarga, Hasil Belajar, Berhitung, Tunagrahita.