Abstract:
Kehadiran media pembelajaran memiliki arti penting bagi guru maupun siswa selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kualitas isi materi dan penyajian media pembelajaran Tematik “Tokoh dan Penemuan” pada kelas VI SD; 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran bergambar ini untuk di implementasikan di sekolah lain. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluative dengan model evaluasi formatif-sumatif yang diadaptasi oleh Nunuk Suryani yang dibagi menjadi: (1) analisis hasil masalah, (2) menentukan tujuan evaluasi, (3) Melakukan validasi instrument dengan para ahli, (4) Uji coba satu-satu hasil dari penelitian evaluasi media pembelajaran bergambar pada kualitas penyajian materi dan media pembelajaran bergambar temati “tokoh dan penemuan” layak namun perlu diperbaiki dibeberapa aspek yang “kurang layak”. Berdasarkan dari hasil angket kelayakan isi materi dan kelayakan penyajian media, maka media pembelajaran bergambar ini layak untuk diimplementasikan di Sekolah lain akan tetapi masih perlu dilakukannya perbaikan agar bisa menghasilkan media pembelajaran yang lebih baik lagi.
Kata kunci: Evaluasi Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Bergambar, Tematik “Tokoh dan Penemuan”