Abstract:
Putri Delima. 2021. Hubungan Antara Self Esteem dan Dukungan Sosial Terhadap Regulasi Diri Siswa Kelas XI di SMK Negeri 3 Banjarmasin.Pembimbing: (I) Dr. Ririanti Rachmayanie J, S.Psi., M.Pd, (II) Eklys Cheseda Makaria, M.Pd.
Kata Kunci : Self Esteem, Dukungan Sosial, Regulasi Diri
Sebagai siswa mereka mempunyai suatu tugas serta kewajiban yang wajib dijalani. Akan tetapi dalam realitasnya dalam proses pembelajaran kadang-kadang siswa tidak dapat mengendalikan/mengelolanya dirinya sendiri dengan baik sehingga mereka melalaikan tugas dan kewajibannya. Ketika siswa memiliki regulasi diri yang rendah, mereka akan memiliki self esteem yang rendah serta tidak mendapatkan dukungan sosial dari keluarga, teman sekolah, dan kelompok sosial lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara self esteem dan dukungan sosial dengan regulasi diri siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Banjarmasin.
Riset ini memakai metodologi kuantitatif dengan tipe riset kolerasi serta metode pengambilan sampel yang dipergunakan merupakan simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert, dengan 247 orang sampel siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Banjarmasin.
Hasil dari pengkajian menampilkan jika berlandaskan metode analisis data memakai korelasi product moment serta korelasi berganda terdapat hubungan antara X_1, X_2, dan Y yang memperlihatkan rhitung> rtabel yakni 0,781 > 0,124. Oleh karena itu dapat disimpulkan adanya hubungan antara self esteem dan dukugan sosial dengan regulasi diri siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Banjarmasin. Untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan topik penelitian dengan mengaitkan variabel lain serta untuk guru BK nantinya mampu memberikan layanan-layanan bimbingan dan konseling yang berkaitan dengan regulasi diri pada siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Banjarmasin.