Abstract:
Noorhasanah, 1710412120014, 2021. Pengaruh Diskon dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif (Studi Pada Pengguna Shopee di Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah). Dibawah bimbingan Nurul Wahyuni dan Hairudinor.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Diskon (X1) dan Motivasi Belanja Hedonis (X2) terhadap Pembelian Impulsif (Y) pada aplikasi Shopee di Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel 130 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dan metode penetapan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengambilan data dengan cara kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 26.0.
Hasil pengujian diketahui bahwa Diskon (X1) dengan nilai sig. Sebesar 0.028 dengan besar pengaruh 0.185 atau 18.5?rpengaruh positif dan signifikan terhadap Pembelian Impulsif. Motivasi Belanja Hedonis (X2) dengan nilai sig. 0.000 dengan besar pengaruh 0.523 atau 52.3?rpengaruh positif dan signifikan terhadap Pembelian Impulsif. Sedangkan berdasarkan uji simultan (uji F) variabel Diskon (X1) dan Motivasi Belanja Hedonis (X2) terlihat bahwa pada nilai sig. 0.000 yang menunjukkan angka kurang dari 0.05 dengan besar pengaruh 0.421 atau sebesar 42.1?rpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Pembelian Impulsif (Y).
Kata Kunci : Diskon, Motivasi Belanja Hedonis, Pembelian Impulsif