Abstract:
ABSTRAK
Adi Putra, 1710414210001,2021. Tingkat Kepuasan Komunikasi Mitra Grab Driver Komunitas Landasan Ulin Selama Masa Pandemi Covid-19.Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Universitas Lambung Mangkurat,dibimbing oleh Atika dan Putri Ayu Hidayatur Rafiqoh.
Pada penelitian ini yang menjadi fokus penelitian yaitu kepuasan komunikasi di Mitra Grab Driver Komunitas Landasan Ulin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Tingkat kepuasan komunikasi berdasarkan dengan menggunakan 9 aspek Down & Hazen: kualitas informasi DW & Hezen, integritas organisasi, perspektif organisasi, komunikasi bawahan, komunikasi horizontal, komunikasi sebagai manajemen puncak, umpan balik pribadi, lingkungan komunikasi, dan komunikasi pengawasan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anggota komunitas Grabd Driver Landasan Ulin, yang berjumlah 64 sampeldengan menggunakan teknik jenuh (sensus) sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan kuesioner.
Hasil penelitian berdasarkan tingkat capaian responden (TCR) yaitu Tingkat Kepuasan Komunikasi Mitra Grab Driver Komunitas Landasan Ulin, menunjukkan mean TCR 69,8 yang masuk dalam kategori Tinggi. Dimana, aspek Komunikasi dengan manajemen atas berada di level sedang yaitu hanya 57,8 dan aspek Komunikasi Subordinas memiliki persentase paling tinggi yaitu 79,5 yang berada di level yang tinggi. Sehingga, hasil penelitian tingkat kepuasan komunikasi pada komunitas Landasan Ulin dikatakan dalam kategori Tinggi.
Kata kunci : Komunikasi, Kepuasan Komunikasi, Mitra Grab Driver, Komunitas Landasan Ulin.