Abstract:
Hendro Brawijaya, 1610413610011, 2021 “Kinerja Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan di Kecamatan Teweh Tengah” dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Bapak Abdurrahman.
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Kinerja Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan di Kecamatan Teweh Tengah.
Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe deskriftip kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu pegawai BPJS Kesehatan. Sumber data dikumpulkan melalui proses wawancara langsung dengan informan menggunakan panduan wawancara, obsevasi langsung tehadap aktivitas BPJS Kesehatan di Kecamatan Teweh Tengah serta studi dokumentasi atas dokumen-dokumen.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara umum pegawai BPJS Kesehatan di Kecamatan Teweh Tengan sudah memahami makna kinerja BPJS Kesehatan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Kecamatan Teweh Tengah. Faktor-faktor yang dimiliki untuk mendukung pelaksanaan penerapan kinerja yaitu komunikasi, sumber daya manusia, dan sikap/disposisi . Kualitas layanan kesehatan yang dihasilkan dari penerapan kinerja BPJS Kesehatan sudah baik. Dengan adanya sistem ini sangat membantu pegawai dalam proses penyajian laporan, karena penyajian laporan tidak pernah terhambat dan sangat mengefesienkan waktu, hal ini membuktikan bahwa sistem ini telah bekerja dengan baik, adapun kualitas layanan kesehatan yang dihasilkan dari penerapan kinerja BPJS Kesehatan yaitu andal, tepat waktu serta relevan.
Saran untuk pihak BPJS Keseatan di Kecamatan Teweh Tengah yaitu lebih meningkatkan koordinasi, menigkatkan kualitas sumber daya manusia dengan melakukan pelatihan,diharapkan kepada pegawai dalam pengoperasian Kinerja agar lebih bertanggung jawab, diharapkan kepada pegawai agar lebih meningkatkan semangat kebersamaan dan koordinasi sehingga bisa lebih meningkatkan kualitas layanan kesehatan dengan baik.
Kata kunci:BPJS Kesehatan, kinerja, penerapan, kualitas layanan kesehatan.