Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) kendala yang dihadapi siswa pada saat pembelajaran online, dan 2) strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan prestasi belajar selama pembelajaran online berlangsung di MAN 1 Banjarmasin. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan Teknik pengambilan data secara Snowball Sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Siswa menghadapi kendala pada pengumpulan tugas yang terabaikan, karena faktor dari tugas yang menumpuk selama pembelajaran online. 2. Dengan menggunakan media E-learning dan YouTube sebagai media pembelajaran online dengan metode ceramah dan tanya jawab menggunakan video kreasi membuat siswa di MAN 1 Banjarmasin lebih aktif pada saat proses pembelajaran online berlangsung.
Kata kunci : Strategi Guru, Prestasi Belajar, Pembelajaran Online