Abstract:
Konsep protista termasuk materi yang cukup sulit untuk dipelajari, ruang lingkup materi yang luas dan memerlukan pengamatan untuk dapat mengklasifikasikan organismenya sehingga memerlukan bahan ajar dan pembelajaran yang tepat. LKPD merupakan salah bahan ajar yang dapat digunakan pada pembelajaran di kelas dan sesuai dengan kurikulum 2013, serta dapat dirancang atau dikembangkan sesuai dengan kondisi dan situasi kegiatan pembelajaran yang akan dihadapi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang menggunakan model 4D oleh Thiagarajan et al. (1974) dengan pelaksanaan tahap disseminate secara sederhana dan terbatas. Subjek uji kesesuaian dan kelayakan terdiri atas 3 orang validator. Subjek uji keterbacaan dan respon terdiri atas 12 orang peserta didik kelas X MIPA SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian, kelayakan, keterbacaan, dan respon peserta didik terhadap LKPD elektronik konsep Protista berbasis pendekatan saintifik untuk SMA kelas X. Data diperoleh dari penilaian kesesuaian, kelayakan, keterbacaan, dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD elektronik konsep Protista berbasis pendekatan saintifik untuk SMA kelas X yang dikembangkan memperoleh nilai kesesuaian sebesar 4,33 yang tergolong sangat sesuai, memperoleh nilai kelayakan sebesar 4,49 yang tergolong sangat layak, memperoleh nilai keterbacaan sebesar 4,57 yang tergolong sangat baik dan memperoleh nilai respon sebesar 4,47 yang tergolong sangat positif.