Abstract:
Abstrak
Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII pokok bahasan getaran, gelombang, dan bunyi di SMP Negeri 27 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan imbas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis murid Sekolah Menengah Pertama kelas VIII dalam bahasan getaran, gelombang, & bunyi. Jenis penelitian yg dipakai pada penelitian ini merupakan metode pre-experimental menggunakan desain eksperimen The One Group Pretest Postest. Subyek penelitian pada penelitian ini dilakukan dengan cara random sampling. Subyek penelitian dalam penelitian ini merupakan kelas VIII E sebesar 33 orang menjadi kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data memakai teknik tes. Teknik analisis data memakai uji-t buat menganalisis efek model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa contoh pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci: inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis.