Abstract:
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar pada berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satunya yaitu pada bidang pendidikan. Akibat dari wabah tersebut, kegiatan belajar mengajar yang seharusnya dilaksanakan secara tatap muka, terpaksa harus dilaksanakan secara daring (online). Menyikapi hal tersebut, penggunaan media pembelajaran khususnya yang memanfaatkan teknologi sangatlah diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh penggunaan LKPD-elektronik pada keanekaragaman hayati terhadap hasil belajar kognitif produk. (2) menjelaskan pengaruh penggunaan LKPD-elektronik pada keanekaragaman hayati terhadap hasil belajar kognitif proses. (3) mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis peserta didik konsep keanekaragaman hayati menggunakan LKPD-elektronik. Data kognitif produk dan kognitif proses menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment), sedangkan data keterampilan berpikir kritis menggunakan penelitian deskriptif. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling, pada penelitian kognitif produk dan proses menggunakan peserta didik kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan X MIPA 3. Teknik analisis data kognitif produk dan kognitif proses melalui soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh penggunaan e-LKPD terhadap hasil belajar kognitif produk (sig. 0,000), (2) terdapat pengaruh penggunaan e-LKPD terhadap hasil belajar kognitif proses (sig. 0,000), (3) Penggunaan e-LKPD pada konsep keanekaragaman hayati pada Keterampilan berpikir kritis peserta didik pada aspek interpretasi, analisis, eksplanasi dan pengaturan diri dikategorisasikan baik, sedangkan pada aspek evaluasi dan inferensi dikategorisasikan cukup baik namun tetap mengalami peningkatan selama proses pembelajaran. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan inovasi terhadap guru dalam penggunaan e-LKPD dengan liveworksheets terutama dalam pembelajaran daring sehingga dapat memotivasi peserta didik dan untuk penelitian selanjutnya agar memperhatikan faktor-faktor yang menghambat dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: e-LKPD, hasil belajar, keterampilan berpikir kritis, keanekaragaman hayati, liveworksheets.