Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui bagaimana persepsi KPM terhadap PKH. (2) untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dana bantuan PKH ditinjau dari pendidikan KPM. (3) untuk mengetahui bagaimana persepsi KPM terhadap pendidikan anak ditinjau dari pendidikan KPM. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penentuan narasumber dalam penelitian ini menggunakan cara purposive sampling dengan populasi Ibu-Ibu penerima manfaat PKH komponen pendidikan yang masih menerima bantuan yang berada di Desa Mali-Mali. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dan dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian diambil kesimpulan bahwa (1) keluarga memiliki persepsi yang baik terhadap PKH, PKH memberikan impelementasi yang baik terhadap penerima di Desa Mali-Mali. (2) pendidikan KPM sangat berpengaruh terhadap pengelolaan dana. (3) pendidikan KPM sangat berpengaruh terhadap persepsi pendidikan anak. Saran: (1) KPM diharapkan bisa mengelola dana bantuan dengan baik. (2) Pendamping diharapkan bisa menyampaikan ilmu pengelolaan dana kepada KPM. (3) Pendamping diharapkan memberikan materi lebih dalam mengenai pendidikan anak. (4) Pemerintah diharapkan bisa melihat lagi keluarga yang miskin apakah bisa menjadi penerima bantuan. (5)Semoga peneliti selanjutnya yang ingin meneliti sejenis ini bisa meningkatkan lebih baik lagi.
Kata Kunci: Program Keluarga Harapan (PKH), Pengelolaan Dana, Pendidikan Anak.