Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pop-up book dalam kemampuan menceritakan kembali fabel yang didengar/dibaca dalam bentuk tulisan. Pendekatan pada penelitian ini ialah pendekatan campuran dengan metode R&D. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Pengembangan media pembelajaran pop-up book dapat diketahui bahwa tahapan penelitian pengembangan ini berdasarkan pada model Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Tahapan-tahapan tersebut antara lain potensi dan masalah, pengumpulan data, desain media, validasi desain, dan uji coba media. (2) Kelayakan media pembelajaran memperoleh rata-rata persentase akhir 98% oleh validator ahli media, dan 96,7% oleh pendidik. (3) RPP “Menceritakan kembali isi fabel” memperoleh rata-rata persentase 100%. (4) Pelaksanaan pembelajaran memperoleh rata-rata skor persentase 91,1%. (5) Evaluasi pembelajaran memperoleh rata-rata persentase 80,29% terkait kemampuan peserta didik dalam menceritakan kembali isi fabel menggunakan media pembelajaran pop-up book; hasil respon peserta didik mengenai media pop-up book dan penggunaannya dalam pembelajaran “Menceritakan kembali isi fabel” memperoleh rata-rata persentase 87,68%.
Kata kunci: pengembangan, pop-up book, fabel