Abstract:
Disaat pandemi Covid-19 (18 Maret 2020 sampai sekarang) pembelajaran di SMA dilakukan secara daring. E-booklet merupakan salah satu sumber bahan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi pembelajaran daring, kurikulum 2013 dan kemajuan IT di bidang pendidikan serta diharapkan mampu meningkatkan pemahaman peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesesuaian, kelayakan, keterbacaan, dan respon peserta didik terhadap bahan pembelajaran konsep Sistem Pernapasan pada Manusia di SMA berbentuk E-booklet berbasis aplikasi android. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4D menurut Thiagarajan et al., (1974), dengan tahap pelaksanaan sampai disseminate secara terbatas. Subjek penelitian adalah 3 ahli dan 9 peserta didik kelas XII MIPA SMAN 4 Banjarbaru. Instrumen penelitian berupa angket (kesesuaian, kelayakan, keterbacaan, dan respon peserta didik). Pengumpulan data dilakukan secara luring dan daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan pembelajaran konsep Sistem Pernapasan pada Manusia di SMA berbentuk E-booklet berbasis aplikasi android yang dikembangkan memperoleh nilai kesesuaian sebesar 4,40 yang tergolong “sangat sesuai”, nilai kelayakan sebesar 4,17 yang tergolong “layak”, nilai keterbacaan sebesar 4,64 yang tergolong “sangat baik” dan nilai respon peserta didik sebesar 4,71 yang tergolong “sangat positif”. Pengembangan bahan pembelajaran konsep Sistem Pernapasan pada Manusia berbentuk E-booklet berbasis aplikasi android sebaiknya dapat diakses dari berbagai platform IT.