Abstract:
Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran yang bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran pada mata pelajaran bahasa inggris materi grammar to be. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model pengebangan 4D yang meliputi tahap pendefinisian (define), perencangan (design), pengembangan (develop) serta penyebarluasan (disseminate). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta angket. Uji validitas video pembelajaran melibatkan sembilan orang ahli yang terdiri dari tiga orang ahli materi, tiga orang ahli media serta tiga orang ahli naskah bahasa. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran materi grammar to be ini sudah layak untuk digunakan pada pembelajaran bahasa inggris karena pada proses pengembangannya mengacu ke model pengembangan 4D. Sehingga dapat dikatakan bahwa video pembelajaran sudah sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas 7 di SMP Negeri 2 Muara uya. Video pembelajaran yang telah dikembangkan dapat digunakan di SMP Negeri 2 Muara Uya dan perlu dilakukan uji coba siswa serta evaluasi pada penelitian selanjutnya atau apabila ingin digunakan disekolah lain.