Abstract:
Dunia pendidikan pada Abad ke-21 dituntut menghasilkan generasi yang terampil dalam menerapkan teknologi dan mampu berpikir kritis. LKPD-elektronik yang memuat indikator keterampilan berpikir kritis merupakan inovasi perangkat pembelajaran dari LKPD yang semula berbentuk cetak menjadi berbentuk elektronik. LKPD-elektronik diharapkan dapat menjadi solusi ketika pembelajaran tidak dapat dilakukan tatap muka di kelas akibat pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh penggunaan LKPD-elektronik pada sistem peredaran darah terhadap hasil belajar kognitif produk dan hasil belajar kognitif proses. (2) mendeskripsikan kecenderungan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik konsep sistem peredaran darah menggunakan LKPD-elektronik . Data kognitif produk dan kognitif proses menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment), Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling, pada penelitian kognitif produk dan proses menggunakan peserta didik kelas XI MIA 1, XI MIA 2, dan XI MIA 3. Teknik analisis data kognitif produk dan kognitif proses melalui soal pretest. Data keterampilan berpikir kritis menggunakan penelitian deskriptif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel bebas, variabel terikat dan variabel kontrol. Subjek penelitian keterampilan berpikir kritis adalah siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 3. Analisis data untuk keterampilan berpikir kritis peserta didik menggunakan deskriptif dengan cara memberikan skor. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh penggunaan LKPD-elektronik terhadap hasil belajar kognitif produk (sig. 0,000) dan hasil belajar kognitif proses (sig. 0,000), (2) Penggunaan LKPD-elektronik pada konsep sistem peredaran darah pada keterampilan berpikir kritis peserta didik pada aspek interpretasi, analisis, eksplanasi dikategorisasikan baik, sedangkan pada aspek evaluasi, inferensi dan pengaturan diri dikategorisasikan cukup baik namun tetap mengalami peningkatan selama proses pembelajaran. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan inovasi terhadap guru dalam penggunaan LKPD-elektronik dengan liveworksheets terutama dalam pembelajaran daring sehingga dapat memotivasi peserta didik dan untuk penelitian selanjutnya agar memperhatikan faktor-faktor yang menghambat dalam proses pembelajaran.