Abstract:
Siswa yang memiliki cara berpikir positif yang baik akan selalu memandang segala sesuatu kearah yang positif sehingga nantinya bisa memudahkan dirinya untuk menghadapi suatu masalah terutama masalah akademik. Tujuan dari melaksanakan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan keberhasilan dalam menggunakan teknik self-talk melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan berpikir positif siswa di kelas X di SMAN 12 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling (PTBK) dengan menggunakan pendekatan mix methods yang dilakukan dalam 2 siklus. Tiap siklusnya terdapat beberapa rencana yakni tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Populasi ini berjumlah 68 orang dan dari hasil penjaringan melalui purposive sampling terdapat 4 orang sampel yang terindikasi memiliki kemampuan berpikir positif yang rendah. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi yang disertai rubrik dan angket. Hasil dalam penelitian ini pada aktivitas peneliti telah mengalami kenaikan hingga kategori “baik”, sedangkan hasil observasi siswa juga mengalami peningkatan hingga kategori “aktif” dan pada hasil peningkatan self-talk juga mengalami peningkatan hingga kategori “berhasil”. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-talk dapat meningkatkan kemampuan berpikir positif siswa.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Positif, Bimbingan Kelompok, Teknik Self-talk