Abstract:
Dalam melakukan proses pembelajaran guru harus menggunakan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran). Pembelajaran yang sukses senantiasa menuntut kreativitas guru, demikian halnya dalam Kurikulum 2013 yang berbasis karakter dan kompetensi. RPP merupakan seperangkat alat untuk guru untuk merencanakan pembelajaran di kelas. Dalam melakukan proses pembelajaran guru harus menggunakan RPP, karena RPP merupakan acuan bagi guru dalam melakukan proses pembelajaran. Pada hakikatnya penyusunan RPP bertujuan merancang pengalaman belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana guru mengembangkan model perencanaan pembelajaran sejarah, (2) untuk mengetahui bagaimana guru mengaplikasikan perencanaan dalam pembelejaran sejarah, (3) untuk mengetahui bagaimana efektivitas model perencanaan pembelajaran yang dikembangkan guru di SMA Negeri 2 Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dari observasi dalam kelas dan dokumen penunjang lainnya serta wawancara. Teknik analisis data berupa reduksi data dan penyajian data. Terdapat dua instrumen penilaian yang dipakai dalam penelitian ini. Pertama instrumen penilaian RPP dan kedua prosedur pembelajaran.
Banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam pengembangan RPP. Guru dituntut untuk mengembangkan RPP. Hal ini bertujuan agar pembelajaran yang dilakukan menjadi menarik sehingga dapat menumbuhkan antusiasme dari siswa. Dalam kurikulum 2013 dalam langkah-langkah pembelajaran terdapat 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, mengkomunikasikan). Langkah-langkah tersebut harus diaplikasikan dalam pembelajaran. Dalam penelitian penulis melihat guru sudah menerapkan RPP yang telah disusun. Siswa tampak antusias saat pembelajaran.
Berdasarkan kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan pengembangan RPP pertama harus memperhatikan beberapa aspek. Kita harus beracuan pada kompetensi dasar yang akan dicapai. Cara guru dalam mengaplikasikan RPP dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dibuat oleh guru di dalam RPP. Sebelum guru mengajar guru telah membuat RPP yang berisikan kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, model, metode, media, dll. Tetapi dalam pengaplikasiannya juga terdapat perbedaan dari RPP yang sudah direncanakan