Abstract:
Latar pelakang: Kepuasan keluarga pasien merupakan hal yang patut mendapatkan perhatian serius bagi manajemen sebuah Rumah Sakit. Berdasarkan data yang diperoleh indeks kepuasan masyarakat (IKM) di Rumah Sakit Daerah Idaman Banjarbaru pada semester 2 tahun 2020 didapatkan hasil baik dengan nilai rata-rata 82,93, sedangkan tahun semester 1 tahun 2021 hasilnya pun baik dengan rata-rata 76,86. Dari dta tersebut dapat dilihat terjadi penurunan indeks kepuasan masyarakat sebesar 6,07 poin. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut dan harus dicari faktor yang mempengaruhinya. Kepuasan keluarga pasien berhubungan dengan berbagai faktor diantaranya bukti fisik, daya tanggap dan ketepatan waktu pelayanan.
Tujuan penelitian: Mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan keluarga pasien pada layanan rawat inap di Rumah Sakit Daerah Idaman Banjarbaru
Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan metode observational analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian terdiri dari 112 keluarga pasien yang sedang dirawat inap di Rumah Sakit Daerah Idaman Banjarbaru. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis statististik dengan uji Chi square dan analisis regresi logistik berganda
Hasil penelitian: Hasil analisis dengan Chi square menunjukkan nilai p variabel bukti fisik (p= 0,000), daya tanggap (p= 0,000), ketepatan waktu (p= 0,000). Hasil analisis dengan regresi loistik berganda menunjukan nilai p dan ExpB variabel bukti fisik (p=0,000, Exp B=4,530) dan ketepatan waktu (p=0,000, Exp B= 8,402)
Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan antara bukti fisik, daya tanggap dan ketepatan waktu dengan kepuasan keluarga pasien pada layanan rawat inap di Rumah Sakit Daerah Idaman Banjarbaru. Terdapat pengaruh yang simultan antara bukti fisik dan ketepatan waktu dengan kepuasan keluarga pasien pada layanan rawat inap di Rumah Sakit Daerah Idaman Banjarbaru. Varibel yang paling dominan berhubungan adalah ketepatan waktu.
Kata Kunci: kepuasan, bukti fisik, daya tanggap, ketepatan waktu