Abstract:
Lahan basah adalah salah satu ekosistem yang memberikan jasa kepada manusia.
Banyak masyarakat yang bergantung pada jasa ekosistem Sungai Martapura untuk
memenuhi kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jasa
ekosistem di Bantaran Sungai Martapura Kota Banjarmasin, menggali informasi
mengenai persepsi dan perilaku generasi milenial terhadap jasa ekosistem lahan
basah di Bantaran Sungai Martapura, dan mendeskripsikan kualitas perairan di
Sungai Martapura Kota Banjarmasin. Identifikasi jasa ekosistem dilakukan
dengan metode kuesioner pilihan gambar terkait jasa ekosistem, dengan jumlah 90
responden generasi milenial yang berusia 15-30 tahun. Analisis persepsi dan
perilaku dilakukan dengan menganalisis korelasi persepsi dan perilaku dengan
parameter usia, jenis kelamin, profesi, dan tingkat pendidikan dari generasi
milenial. Data dianalisis menggunakan software SPSS uji Spearman’s rho.
Analisis kualitas perairan dilakukan dengan mengukur suhu, pH, dan pengujian
kadar BOD dan COD perairan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 4 jasa
ekosistem air Sungai Martapura yaitu : 1) jasa penyediaan, 2) jasa budaya, 3) jasa
pendukung dan 4) jasa pengaturan. Pilihan terbanyak pada jasa penyediaan berada
di Kelurahan Mantuil (57%), sedangkan jasa budaya dipilih terbanyak ditemukan
di Kelurahan Gadang (60%) dan di Kelurahan Pekauman (50%). Dari pilihan jasa
ekosistem tersebut, tingkat pendidikan mempunyai hubungan/korelasi tidak
signifikan terhadap persepsi dan perilaku generasi milenial. Kualitas perairan di
Sungai Martapura tergolong baik dengan hasil pH dan suhu normal perairan yaitu
berkisar pH 6-7 dengan suhu 280
-290C, serta mempunyai kadar BOD dan COD
yang sangat rendah yaitu dibawah baku <1 untuk BOD dan <5 untuk COD ditiga
lokasi penelitian.