Abstract:
Transportasi adalah salah satu hal yang penting bagi masyarakat, untuk memudahkan dalam melakukan aktivitas produksi, konsumsi, dan distribusi. Pada masalah transportasi biasa, diasumsikan bahwa pembuat keputusan dapat mengetahui nilai perkiraan untuk parameter biaya transportasi, penawaran dan permintaan secara tepat dalam bentuk bilangan real. Namun pada saat ini parameter transportasi tersebut ada yang tidak pasti karena beberapa faktor yang tidak terkendali seperti rute kendaraan, faktor jalan, dan sebagainya. Untuk menangani hal tersebut, maka diusulkanlah teori himpunan neutrosofik yang mempunyai fungsi keanggotan kebenaran, ketidakpastian, dan ketidakbenaran. Ada dua tipe masalah transportasi neutrosofik, yaitu tipe 1 dengan parameter biaya menggunakan bilangan neutrosofik, sedangkan untuk paramater penawaran dan permintaan menggunakan bilangan crisp, dan tipe 2 dengan seluruh parameter transportasinya menggunakan bilangan neutrosofik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh biaya transportasi optimal pada masalah transportasi neutrosofik tipe 1 dan tipe 2 dengan menggunakan Metode Average Total Opportunity Cost. Metode ini mempunyai dua algoritma yaitu algoritma CCCT (Complete Contingency Cost Table) dan algoritma Costs Mean. Berdasarkan hasil, diperoleh solusi untuk masalah transportasi neutrosofik tipe 1 dan tipe 2 dengan menggunakan Metode Average Total Opportunity Cost yaitu, terdapat beberapa solusi awal yang belum optimal dan juga solusi awal yang optimal setelah dilakukannya uji optimalitas menggunakan Metode Modified Distribution.